Belajar & Sharing

Latihan Soal dan Jawaban Perbedaan CDMA GSM

 
1. Apa yang dimaksud BTS ? (Novi Sutimah)
Jawaban :
BTS (  Base Transceiver Station ). Merupakan alat/devices yang mengatur alur komunikasi disuatu luasan tertentu. BTS berfungsi sebagai pengirim dan penerima (transciver) sinyal komunikasi dari/ke MS yang menyediakan radio interface antara MS dan jaringan GSM ataupun CDMA. Karena fungsinya sebagai transceiver, maka bentuk pisik sebuah BTS adalah tower dengan dilengkapi antena sebagai transceiver. Sebuah BTS dapat me-cover area sejauh 35 km. Area cakupan BTS ini disebut juga dengan cell.
Komentar :
BTS (Base Transceiver Station). Merupakan alat/devices seperti pemancar sinyal menggunakan tower yang mengatur alur komunikasi disuatu kawasan tertentu dan untuk mentransceiver sinyal komunikasi dari pihak Provider ke pelanggan.

2. Apa fungsi operator CDMA ? (Lifia Amanda)
Jawaban :
Operator CDMA bertugas untuk mengatur lalu lintas dari alur lalu lintas data informasi.
Komentar :
Benar, dikarenakan fungsi dari CDMA adalah untuk mengatur data informasi. Dengan pengaturan data Informasi ini membuat Jaringan CDMA ini sangat Aman.

3. Apa yang dimaksud dengan spreading code ? (Ine Srihayati)
Jawaban :
Spreading code merupakan proses perluasan media informasi dengan mengkode suatu sinyal informasi dengan sandi tertentu pada waktu dan frekuensi yang sama.
Komentar :
Karena pada dasarnya setiap perluasan media informasi pasti ada yang namanya pengkodean dengan sandi tertentu sehingga koneksi memenuhi standard.

4. Apakah perbedaan CDMA dan GSM ?( Eka, Yuli , wahyu )
Jawaban :
Perbedaan :
1. Tarif dan biaya telekomunikasi Tarif operator GSM lebih mahal bila dibandingkan dengan CDMA, namun untuk beberapa promosi khusus malah gratis Tarif operator CDMA sedikit lebih murah, terutama untuk wilayah dalam kota
2. Fasilitas yang diberikan GSM memberikan fasilitasn 3G dalam berkomunikasi sedangkan CDMA memberikan fasilitas EVDO. Untuk kecepatan akses internet, komunikasi data, suara dan video harus diakui EVDO lebih baik dan cepat daripada 3G
3. SpesifikasiGSM 1800 memiliki spesifikasi uplink 1710-1785 MHz, dan downlink : 1805 -1880 MHz CDMA 1900 memiliki spesfikasi uplink 1850-1910 MHz dan downlink : 1920-1990 Mhz
4. Kelebihan jaringan
5. Provider (Operator penyedia Layanannya)
6. Daya jelajah atau Jangkauan yang bisa didapat.
Komentar :
Dalam Teknologi sebuah kewajaran dimana, antara teknologi dengan yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan dan juga memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

5. Bagaimana konsep CDMA seluler ? ( Elita )
   CDMA (Code division multiple access) adalah sebuah bentuk pe-multipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan mengunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan. CDMA juga mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses secara bersama ini,seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm.
Komentar:
Jadi, CDMA memiliki konsep multi akses yang nantinya pengguna bisa sama-sama mengakses secara serentak tanpa ada tabrakan data/sinyal dan dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi.

6. Apa kekurangan dan kelebihan CDMA dibandingkan dengan GSM ? ( Dita veriani dan Aga Juliantiadi )
Jawaban :
Kelebihan :
1 Memeneuhi kebutuhan komunikasi data dan suara tanpa kabel.
2 Memiliki kapasitas kanal yang lebih tinggi untuk mengatasi lebih banyak panggilan yang simultan per channel dibanding sistem lainnya.
3 Sistem CDMA menawarkan peningkatan kapasitas melebihi sistem AMPS analog sebaik teknologi selular digital lainnya. CDMA menghasilkan sebuah skema spread-spectrum yang secara acak menyediakan bandwith 1.250 KHz yang tersedia untuk masing-masing pemanggil 9600 bps bit rate.
4 Meningkatkan call security. Keamanan menjadi sifat dari pendekatan spread spectrum CDMA, dan kenyataannya teknologi ini pertama dibangun untuk menyediakan komunikasi yang aman bagi militer.
5 Mereduksi derau dan interferensi lainnya. CDMA menaikkan rasio signal-to-noise, karena lebarnya bandwith yang tersedia untuk pesan.
Kekurangan :
6 Kelebihan teknologi berbasis GSM diindonesia adalah coverage yang luas dan roaming jelajah yang sangat luas baik dalam negeri bahkan seluruh dunia, sedangkan CDMA masih sangat terbatas.
7 Selain itu adanya masalah optimasi cakupan karena cakupan CDMA dapat mengembang dan menciut. Gejala ini dikenal dengan istilah breathing. Pada kondisi normal dimana jumlah kanal/pengguna sesuai dengan rancangan maka derau dari pengguna lain tidak terlalu banyak. Tetapi pada saat jumlah kanal/pengguna meningkat pada beberapa sel, makaderau dari kanal/pengguna juga akan meningkat sehingga power control akan memerintahkan untuk menaikkan daya pancar.
8 Dengan meningkatkan daya derau dari kanal/pengguna lain, maka kanal/pengguna ang lokasinya agak jauh dengan base station tentunya dapat kehabisan daya ancar (sudah maksimum) yang dapat mengakibatkan hubungan terputus. Akibat dari ini, secara sistem adalah menciutnya cakupan suatu sel. Bila beberapa sel yang berdampingan menciut maka daerah perbatasan antar sel tersebut menjadi tidak tercakup (blankspot).
Komentar :
Setiap Teknologi itu tentu memiliki kekurangan dan kelebihan, dan dalam Teknologi itu tidak ada yang sempurna, pasti mempunyai kelemahan.

7. Bagaimana pekembangan CDMA di Indonesia ? (Syahrul Amin )
Sangat Lambat , disebabkan oleh mahal nya chip perangkat teknologi tersebut. bahkan hanya satu vendor yang memproduksinya hal inilah yang kemudian vendor merasa berat untuk menjual CDMA. Karena Harganya yang mahal.
Komentar :
Mungkin di indonesia sangat lambat karena hanya ada satu vendor yang memproduksi CDMA ini. Tetapi di negara lain seperti eropa mungkin sangat pesat dikarenakan banyaknya vendor yang memproduksi CDMA ini.

8. Jelaskan prinsip dasar spread spectrum ? ( Sepriana )
Jawaban :
Spread spectrum adalah teknik memancarkan sinyal pada pita frekuensi yang jauh lebih lebar dari pita frekuensi yang dibutuhkan pada transmisi standard (misal; TDMA, FDMA).
Komentar :
Lebih jelasnya Spread spectrum ini berarti pemancaran gelombang sinyal dengan pita frekuensi yang lebih besar dari kapasitas yang dibutuhkan.

9. Bagaimana prinsip kerja dari jaringan CDMA ? ( M. Jahidin, Aji Pahmi R dan MNQ.Tamam )
Jawaban:
Cara kerja CDMA ini dapat dianalogikan dengan cara berkomunikasi dalam satu ruangan yang besar. Setiap pasangan dapat berkomunikasi secara bersama-sama tetapi dengan bahasa yang berbeda, sehingga pembicaraan pasangan satu bisa dianggap seperti suara kipas bagi pengguna yang lain, karena tidak diketahui maknanya. Pada saat banyak yang berkomunikasi maka ruangan menjadi bising. Kondisi ini membuat ruangan menjadi tidak kondusif lagi untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, jumlah yang berkomunikasi harus dibatasi. Agar jumlah yang berkomunikasi bisa maksimal maka kuat suara tiap pembicara tidak boleh terlalu keras.
Komentar :
Sistem atau prinsip kerja CDMA yaitu berjalan pada dua arah.

10. Mengapa ponsel CDMA lebih cepat panas dari pada ponsel GSM ? ( Tatang Suhamdeni )
Karena proses pada CDMA lebih banyak dibandingkan GSM. Proses yang tidak ada pada GSM adalah proses mengurai sandi dan menyandikan setiap percakapan dan meruba-rubah frekuensi karena CDMA berbasis spread spectrum (Spektrum Tersebar). Sehingga handset CDMA butuh lebih banyak tenaga dalam operasinya karena tidak hanya memancar dan menerima percakapan namun juga menyandikan dan mengurai sandi setiap percakapan. Jadi biar tidak kepanasan waktu nelpon, solusinya adalah kita bisa memakai headset.
Komentar :
Karena proses pada CDMA lebih banyak kinerjanya, maka ponsel yang menggunakan CDMA lebih cepat panas dibanding dengan ponsel yang memakai GSM.

11. Sebutkan apa sajakah komponen fisik dari sistem CDMA ? ( Ririn Rinasih dan  Tika Martiyani )
Jawaban :
• User CDMA mobile device dapat berupa mobile phone, nonmobile phone,  computer, dan dll.
• BTS (Base Transceiver Station) Merupakan alat/devices yang mengatur alur komunikasi disuatu luasan tertentu
• Operator CDMA bertugas untuk mengatur lalu lintas dari alur lalu lintas data informasi
• Satelit Dash berfungsi sebagai penghubung antara pengiriman sinyal dari bumi ke satelit untuk suatu luasan yang sangat besar
• Satelit berfungsi sebagai penghubung antara daerah-daerah yang jauh yang tak terjangkau oleh BTS dan stasiun-stasiun pemancar bumi.
Komentar :
Komponen yang paling utama dalam CDMA adalah adanya BTS dan satelit dalam penyaluran atau Transceiver sinyal yang mengatur alur komunikasi disuatu kawasan tertentu dan untuk mentransceiver sinyal komunikasi dari pihak Provider ke pelanggan.

12. Negara mana pegguna CDMA terbanyak? ( Yayat S. )
Jawaban :
Indonesia merupakan negara yang banyak menggunakan CDMA di kawasan Asia Tenggara.
Komentar :
Penggunaan CDMA semakin meningkat, dikarenakan faktor biaya yang lebih murah dari GSM.

13. Mengapa jangkauan CDMA masih sangat terbatas ? jelaskan ( Agus Salam )
Jawaban :
karena sinyal CDMA hanya ada di kota kota besar saja
Komentar :
CDMA juga hanya ada pada daerah yang berpendudukan banyak. oleh sebab itu CDMA sangatlah terbatas. Dan penggunaan CDMA yang masih jarang memunculkan jangkauan yang masih terbatas.

14. Apa perbedaan CDMA dan GSM dari segi cara kerja penggunaannya ? (Maulana Harun Ar-Rosyid)
Jawaban :
Pada CDMA cara kerjanya dengan mengirimkan data melalui metode pengiriman dalam bentuk kode unik yang akan mengatur paket data yang dikirim. Sedangkan Pada GSM cara kerjanya adalah dengan mengirim data berdasarkan slot waktu yang membentuk jalur pada setiap sambungan dengan rentan waktu yang sangat cepat.
Komentar :
Jadi perbedaan cara kerja keduanya terdapat pada meode pengiriman pada CDMA metode pengiriman data melalui metode pengiriman dalam bentuk kode unik sedang GSM mengirim data berdasarkan slot waktu

15. Perbedaan Sinyal GSM dan CDMA ? ( Timi )
Perbedaan sinyal GSM dan CDMA:
Jika sinyal GSM dapat ditemukan di daerah daerah yang umum seperti desa, sedangkan sinyal CDMA biasanya terdapat hanya pada kota kota besar.
Komentar :
Mungkin yang membedakan antara sinyal GSM dan CDMA adalah letak geografis suatu tempat dengan begitu penggunaan CDMA banyak digunakan pada kota kota besar saja.

16. Apa itu pseudo random noise ? ( Ryan Setiagi )
Jawaban :
Pseudo random noise merupakan deretan data berkecepatan tinggi yang berharga polar (-1 & +1) atau non polar (0 & 1).
Komentar :
Yang merupakan suatu deretan data dengan kecepatan yang tiggi.

17. Jelaskan prinsip data spectrum yang digunakan pada CDMA ? ( Al-Fuad Sulthan P. )
Jawaban:
CDMA menggunakan teknologi spread-spectrum untuk mengedarkan sinyal informasi yang melalui bandwith yang lebar (1,25 MHz).
Komentar :
Yang memanfaatkan penggunaan gelombang carrier mirip noise (PN) sehingga bandwidth yang dipergunakan lebih lebar daripada yang dibutuhkan untuk komunikasi point-to-point sederhana pada data rate sama.

18. Kenapa CDMA menggunakan sinyal analog ? ( Ade S. )
Jawaban :
Karena sinyal analog akan menjalankan sebuah perpindahan yang ekstrem di mana hal ini akan memutus hubungan dan mencoba mengambil frekuensi baru di mana ia baru saja mati.
Komentar :
Dan juga karena CDMA yang kurang populer, itulah sebab CDMA menggunakan sinyal analog.

19. Apa perbedaan frekuensi yang digunakan antara CDMA dan GSM ? ( Ahmad Johan )
Jawaban :
CDMA menggunakan frekuensi 1900 MHz maka cakupannya hanya sekitar 2km dengan 800 MHz bisa sampai 5-6 km . Namun dengan frekuensi 450MHz bisa sampai 30 km bahkan 120km cakupannya dengan antena khusus. Sedangkan  frekuensi untuk GSM pada band frekuensi di range 1800 Mhz dengan frekuensi 1710-1785 Mhz sebagai frekuensi uplinks dan frekuensi 1805-1880 Mhz sebagai frekuensi downlinks. GSM dengan frekuensinya yang baru ini kemudian dikenal dengan sebutan GSM 1800, yang menyediakan bandwidth sebesar 75 Mhz (1880-1805 = 1785–1710 = 75 Mhz).
Komentar:
konsepnya, jika user menerima frekuensi yang kecil, maka sinyal yang didapatkan akan kuat.

20. Kapan CDMA digunakan pertama kali di Indonesia ? ( Agung S. )
Jawaban :
Pada tahun 1995 diluncurkan teknologi generasi pertama CDMA (Code Division Multiple Access) yang disebut ETDMA (Extended Time Division Multiple Access) melalui operator Ratelindo yang hanya tersedia di beberapa wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
Komentar :
Tambahan Pada Desember 2002, Flexi hadir sebagai operator CDMA pertama di Indonesia, di bawah pengawasan PT Telkom Indonesia, menggunakan frekuensi 1.900 MHz dengan lisensi FWA (Fixed Wireless Access).

21. Apa pengertian CDMA ? ( Jeli Nios )
Jawaban :
CDMA (Code division multiple access) adalah sebuah bentuk pe-multipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan mengunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.
Komentar :
sebenarnya CDMA berbeda tipis dengan GSM hanya saja CDMA dengan pengaturan data Informasi ini membuat Jaringan CDMA ini sangat Aman.

22. Kapan dibuatnya CDMA dan siapa pembuatnya ? ( M. Nandang )
Jawaban :
Tahun 1990 dan pembuatnya adalah Qualcomm.
Komentar :
Untuk pembuatnya itu dari sebuah perusahaan.

23. Apa Kepanjangan dari CDMA? (Ryan Hidayat)
Jawaban :
Kepanjangan CDMA adalah Code Division Multiple Access
Komentar :
Sangat benar itulah kepanjangan dari CDMA menurut berbagai referensi di google.
0 Komentar untuk "Latihan Soal dan Jawaban Perbedaan CDMA GSM"

Back To Top